Maruti XL6, Crossover Premium Suzuki Dengan Platform Ertiga
Maruti XL6
- Meskipun Maruti Suzuki menggunakan Platform Ertiga untuk XL6, namun pada dasarnya ini bukanlah Ertiga versi crossover
- Maruti XL6 merupakan crossover premium untuk 6 penumpang, dengan baris kedua menggunakan model captain seat di India
- Di Indonesia, crossover ini akan disebut XL7 mengacu pada kapasitas tempat duduk untuk 7 penumpang
Pernyataan Direktur Marketing 4 Roda PT. Suzuki Indomobil Sales Mengenai XL6
Direktur Marketing PT. Suzuki Indomobil Sales, Dony Saputra, menjelaskan bahwa XL6 tidak menggunakan nama Ertiga dan di India sendiri dijual oleh dealer NEXA yang khusus menjual mobil premium Suzuki. Dan secara segmentasi juga berbeda, bukan MPV (Multi Purpose Vehicle), melainkan sebuah LSUV (Low Sport Utility Vehicle).
Kabar Masuknya Suzuki XL7 Ke Indonesia
Kabar lainnya mengenai crossover ini adalah rencana masuknya XL6 ke Indonesia dengan sebutan XL7 dikonfirmasi oleh kalangan internal Suzuki. Jika tidak ada halangan, maka mobil ini akan diproduksi pada 2020 mendatang di Cikarang dan jika memang nama yang digunakan adalah XL7, maka akan ada perubahan besar pada bagian interior-nya.
Eksterior: Platform Sama, Namun Tampilan Berbeda Jauh
Satu-satunya ciri khas yang tetap dipertahankan dari Ertiga adalah desain lampu belakangnya, sedangkan untuk bagian depan dan samping sudah sangat berbeda. Terutama pada lampu depan dan grille yang menggunakan desain tiga dimensi dengan tonjolan-tonjolan yang membuatnya terlihat kokoh dan tangguh dilapisi dengan warna matte silver yang semakin mempertegas karakter dari mobil ini. Lampu depan yang terkesan tebal ini juga dilengkapi dengan DRL (Daytime Running Light) pada kedua sisinya.
Turun ke bawah, maka Anda dapat melihat desain bumper atau fascia baru yang dipadukan dengan grille bagian bawah dan desain sekeliling lampu kabut dengan warna hitam yang dikombinasikan secara kontras dengan skid plate dengan warna matte silver yang digunakan pada grille bagian atas. Kemudian dari depan menuju samping, maka akan ada over fender pada roda depan dan roda belakang dengan side skirt yang dikombinasikan warna senada dengan grille depan. Pelek pun menggunakan bahan alloy dengan ukuran 15-inci.
Masuk ke bagian belakang, maka akan dapat ditemukan lampu Ertiga, namun dengan balutan warna hitam pada bagian tengah dimana logo Suzuki berada. Bumper atau fascia belakang juga reflektor dengan posisi vertikal pada kedua sisi mobil. Bagian belakang juga dihiasi dengan diffuser warna matte silver yang dikombinasikan dengan warna hitam. Sedangkan pada bagian atas akan terlihat roof rail layaknya mobil-mobil SUV pada umumnya. Meskipun Ertiga dan XL6 memiliki kapasitas bagasi yang sama, yakni 209 liter, namun XL6 memiliki dimensi lebih panjang 50mm, lebih lebar 40mm dan juga lebih tinggi 10mm.
Interior: Berbahan Kulit Sintetis Dengan Head Unit Terintegrasi Apple CarPlay dan Android Auto
Sama seperti dengan eksterior, interior pun dibalut dengan kombinasi warna hitam dan matte silver. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tempat duduk terdiri dari 3 baris untuk 6 penumpang dengan baris tengah menggunakan model captain seat yang terpisah menjadi 2 tempat duduk saja. Untuk sistem infotainment menggunakan layar 7-inci yang terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto ditambah sistem Smartplay Studio dari Maruti Suzuki. Selain itu, sudah terdapat fitur cruise control, keyless entry dan tombol engine starter.
Mesin dan Transmisi: Sudah Dilengkapi Dengan Integrated Starter Generator Untuk Menghemat BBM
Kabar Masuknya Suzuki XL7 Ke Indonesia
Kabar lainnya mengenai crossover ini adalah rencana masuknya XL6 ke Indonesia dengan sebutan XL7 dikonfirmasi oleh kalangan internal Suzuki. Jika tidak ada halangan, maka mobil ini akan diproduksi pada 2020 mendatang di Cikarang dan jika memang nama yang digunakan adalah XL7, maka akan ada perubahan besar pada bagian interior-nya.
Eksterior: Platform Sama, Namun Tampilan Berbeda Jauh
Satu-satunya ciri khas yang tetap dipertahankan dari Ertiga adalah desain lampu belakangnya, sedangkan untuk bagian depan dan samping sudah sangat berbeda. Terutama pada lampu depan dan grille yang menggunakan desain tiga dimensi dengan tonjolan-tonjolan yang membuatnya terlihat kokoh dan tangguh dilapisi dengan warna matte silver yang semakin mempertegas karakter dari mobil ini. Lampu depan yang terkesan tebal ini juga dilengkapi dengan DRL (Daytime Running Light) pada kedua sisinya.
Turun ke bawah, maka Anda dapat melihat desain bumper atau fascia baru yang dipadukan dengan grille bagian bawah dan desain sekeliling lampu kabut dengan warna hitam yang dikombinasikan secara kontras dengan skid plate dengan warna matte silver yang digunakan pada grille bagian atas. Kemudian dari depan menuju samping, maka akan ada over fender pada roda depan dan roda belakang dengan side skirt yang dikombinasikan warna senada dengan grille depan. Pelek pun menggunakan bahan alloy dengan ukuran 15-inci.
Masuk ke bagian belakang, maka akan dapat ditemukan lampu Ertiga, namun dengan balutan warna hitam pada bagian tengah dimana logo Suzuki berada. Bumper atau fascia belakang juga reflektor dengan posisi vertikal pada kedua sisi mobil. Bagian belakang juga dihiasi dengan diffuser warna matte silver yang dikombinasikan dengan warna hitam. Sedangkan pada bagian atas akan terlihat roof rail layaknya mobil-mobil SUV pada umumnya. Meskipun Ertiga dan XL6 memiliki kapasitas bagasi yang sama, yakni 209 liter, namun XL6 memiliki dimensi lebih panjang 50mm, lebih lebar 40mm dan juga lebih tinggi 10mm.
Interior: Berbahan Kulit Sintetis Dengan Head Unit Terintegrasi Apple CarPlay dan Android Auto
Sama seperti dengan eksterior, interior pun dibalut dengan kombinasi warna hitam dan matte silver. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tempat duduk terdiri dari 3 baris untuk 6 penumpang dengan baris tengah menggunakan model captain seat yang terpisah menjadi 2 tempat duduk saja. Untuk sistem infotainment menggunakan layar 7-inci yang terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto ditambah sistem Smartplay Studio dari Maruti Suzuki. Selain itu, sudah terdapat fitur cruise control, keyless entry dan tombol engine starter.
Mesin dan Transmisi: Sudah Dilengkapi Dengan Integrated Starter Generator Untuk Menghemat BBM
Mesin K15B 4-Silinder
Untuk mesin, Maruti Suzuki menggunakan mesin 4-silinder dengan kode K15B dengan kapasitas 1.500cc yang sama dengan Ertiga didukung dengan teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) dan digabungkan dengan teknologi Integrated Starter Generator, maka dapat menghasilkan tenaga sebesar 105dk pada 6.000 rpm dengan torsi puncak pada 138Nm pada 4.400 rpm yang bertenaga, sekaligus irit. Maruti Suzuki mengklaim mesinnya dapat menjelajah hingga 19,01 km per liternya, ketika menggunakan transmisi manual 5-percepatan dan 17,99 km per liter pada transmisi otomatis 4-percepatan. Dan mesin ini juga berstandar BS-VI atau setara dengan Euro6.
Fitur Keselamatan: Tidak Berbeda Dengan Ertiga
Sama dengan Ertiga, fitur keselamatan XL6 termasuk dua buah airbag dengan ABS+EBD, sensor parkir belakang, kamera parkir mundur, ISOFIX yang merupakan fitur keselamatan untuk penumpang bayi dan anak kecil, electronic stability program dan hill hold control. Terdapat 6 pilihan warna, yakni Auburn Red, Premium Silver, Brave Khaki, Magma Grey dan Artic White. Rentang harga sekitar 195 juta rupiah untuk Zeta MT, 206 juta rupiah untuk Alpha MT, 217 juta rupiah untuk Zeta AT dan 228 juta rupiah untuk Alpha AT. Perbedaan trim Zeta dengan Alpha adalah Zeta minus pembungkus kulit pada setir, jok dan sun visor, lampu depan tanpa fitur follow me home, serta tidak adanya kamera mundur. Para pesaing XL6 ini adalah Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V dan DFSK Glory 560.
Sekiranya itu saja yang dapat disampaikan. Sekian dan terima kasih. Jangan lupa untuk like, share dan follow Facebook JR
Automotive.
Komentar
Posting Komentar